Berbagi Informasi tentang Keterbukaan Informasi

Written by batangkab. Posted in berita

Kunjungan Kerja PPID Kab. Purworejo

batangkab.go.id – Kabupaten Batang dinilai memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang terbaik karena mulai dari informasi, kepengurusan hingga perangkatnya sudah lengkap. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purworejo yang baru saja merintis Sistem Keterbukaan Informasi Publik, melakukan kunjungan studi banding di Diskominfo Kabupaten Batang, di ruang Media Center, Rabu (26/7).

Kabid Komunikasi Informasi dan Persandian Sugiarto mengatakan PPID di Kabupaten Batang adalah yang terbaik maka kami ingin belajar langsung tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Karena kami baru membentuk PPID sedangkan di Kabupaten Batang sudah maju dan lengkap, maka kami ingin belajar dan mengadopsi ilmu yang ada di sini untuk kemudian diterapkan di Kabupaten Purworejo yang nantinya tidak jauh berbeda hasilnya,”ujar Sugiarto.

Belajar dari yang Lebih Muda

Written by batangkab. Posted in berita, Uncategorized

Kunjungan DPRD Kab. Pekalongan ke PPID Kabupaten Batang tentang Pengelolaan Informasi Publik (25/7)

batangkab.go.id – Utuk menjadi sebuahdaerah yang semakin baik bisa belajardari siapa saja, termasuk belajar dari yang lebih muda. Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan melakukan kunjungan studi banding di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang untuk belajar dari pengalaman dan prestasi yang telah diperolehpemkab Batang, dalam Keterbukaan Informasi Publik. Kota yang lebih tua belum tentu lebih berpengalaman dari kota yang lebih muda, untuk itulah kami belajar agar menjadi lebih baik lagi.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan Herry Triyono Sabdo didampingi Wakil Ketua Edi Sutrisno dan anggota DPRD Kabupaten Pekalongan saat studi banding, di ruang Media Center, Diskominfo Kabupaten Batang, Selasa (25/7).

Penguatan PPID Sebagai Penyampai Informasi Publik

Written by batangkab. Posted in berita

Drs. Jamal Abdul Naser, MM memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Penguatan Peran dan Fungsi PPID Kab. Batang tahun 2017

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai penyampai informasi kepada public saat ini sangat penting peranannya. Maka perlu ada penguatan peran dan fungsi PPID yang bertjuan agar  seluruh instansi pemerintah  menjadi PPID pembantu guna menyampaikan informasi kepada public. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang bidang Informasi dan Komunikasi Publik mengadakan rapat koordinasi untuk memperkuat peran dan fungsi PPID. Sebagai pemateri Kepala Diskominfo Drs. Jamal Abdul Naser, .M.M didampingi Puji Setyowati, SH  dan dhadiri oleh seluruh instansi pemerintah daerah pada Jum’at (21/4) di aula Bappeda Kab. Batang.

“Sikap kita sebagai kepala OPD harus baik dalam setiap menyambut dan  menyampaikan informasi kepada public. Sebagai PPID pembantu harus dibentuk kelembagaan untuk mempermudah menyampaikan informasi kepada public,” terang Jamal.

Menurutnya, dalam menyampaikan informasi kepada public tidak hanya melalui email dan internet saja, instansi pemerintah daerah dapat ikut menyampaikan informasi melalui media radio Abirawa FM sebagai LPPL dibawah koordinasi Diskominfo. Diharapkan apabila ada informasi yang penting dapat  disampaikan melalui siaran langsung/tidak langsung maupun dalam bentuk iklan layanan masyarakat di radio Abirawa.

Jamal menambahkan penyampaian informasi public harus segera dipenuhi oleh seluruh instansi pemerintah daerah. Dan diharapkan adanya sinkronisasi antara PPID utama dengan PPID Pembantu di Pemerintah Kabupaten Batang.

Menurut Puji Setyowati,  PPID memiliki beberapa agenda yang secara rutin dilaksanakan untuk menguatkan peran dan fungsinya dalam menyampaikan informasi kepada public.

“PPID memiliki beberapa agenda yang secara rutin dilaksanakan seperti pelayanan informasi public, rakor PPID, rapat teknis pelayanan keterbukaan informasi tingkat pusat, provinsi dan lembaga. PPID juga mempunyai media radio Abirawa FM untuk mensosialisasikan semua bentuk informasi yang dapat disampaikan kepada public, baik dalam bentuk pemutaran iklan layanan masyarakat (ILM) maupun dialog interaktif yang selama ini sudah dilakukan,” ujar Puji.

PPID  di tahun 2014 yang saat itu termasuk dalam Dishubkominfo mendapat penghargaan sebagai badan public terbaik, mengharapkan keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan pembangunan Batang melalui keterbukaan informasi public. Hingga saat ini dinas terkait dari luar kota masih banyak yang melakukan studi banding berkaitan peran dan fungsi PPID. (Heri/MC)