Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo Sabet Tokoh Publik Inspirasional IPRAS 2015

Written by batangkab. Posted in berita

spsGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Walikota Bandung Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil, meraih penghargaan Tokoh Publik Inspirasional dalam ajang The 4th Indonesia Public Relations Awards & Summit (IPRAS) yang dihelat Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat di Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Ganjar dan Kang Emil dinilai SPS Pusat memiliki visi kerja yang inspirasional. Kebijakan yang pro rakyat, transparansi anggaran daerah, akses kemudahan pada layanan publik, penciptaan ruang-ruang public, serta akses pendidikan merupakan sejumlah karya inspiratif yang dilakukan dua pemimpin daerah itu. “Mereka kami pilih karena telah memberikan banyak manfaat bagi warga yang dipimpinnya melalui kerja dan karya yang inspirasional,” sebut Ahmad Djauhar, Ketua Harian SPS Pusat, di Jakarta, Selasa siang.

Selain Ganjar dan Kang Emil, tahun ini SPS Pusat memberikan penghargaan IPRAS untuk Lembaga Publik Inspirasional dan Tokoh Public Relations (PR) Inspirasional. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan SAR Nasional (BASARNAS) terpilih sebagai lembaga publik inspirasional. Sedangkan PR Inspirasional direbut oleh Murti Utami (Kapuskom Publik Kementerian Kesehatan), N. Nurlaela Arief (Head of Corporate Communication PT. Biofarma (Persero)), dan Arief Prabowo (Vice President Corporate Communication PT. Telkom (Persero)), Tbk.

Selain penghargaan, SPS Pusat juga menggelar Kompetisi Program PR Inspirasional, Kompetisi PPID dan Humas Inspirasional tingkat Kota dan Kabupaten seluruh Indonesia, dan Kompetisi Call Paper tentang Tren Pola Konsumsi Media. Kompetisi yang disebut belakangan ini, diikuti 78 dosen komunikasi dari 37 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Daftar pemenang seluruh kompetisi tersebut terlampir.

Direktur Eksekutif SPS Pusat Asmono Wikan menyebutkan bahwa tahun ini SPS Pusat memberikan 42 penghargaan hasil pilihan SPS Pusat dan kompetisi-kompetisi yang telah berlangsung sejak April 2015 lalu. Lebih rinci Asmono mengungkapkan tahun ini animo peserta mengikuti kompetisi meningkat. Kompetisi Program PR misalnya naik 100% dibanding tahun 2014. Begitu juga kompetisi call paper yang diikuti para dosen komunikasi tumbuh 21% dari tahun lalu.

Adapun kompetisi PPID dan Humas Inspirasional tercatat diikuti 31 peserta dan didukung oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). “Alhamdulilah respon dari PPID dan Humas Kota dan Kabupaten cukup baik. Kami optimis tahun depan lebih banyak yang ikut serta,” ujar Asmono.

Seluruh penerima penghargaan diundang dalam malam penghargaan yang berlangsung di Hall Dewan Pers Jakarta,  Selasa malam (27/10/2015). Dijadwalkan Menteri Pariwisata Arief Yahya akan hadir menyampaikan Orasi Inspirasional bersama dengan CEO Garuda Indonesia Arief Wibowo. Sejumlah tokoh-tokoh penerima penghargaan seperti Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil menjadwalkan untuk hadir. ***

Sekilas tentang Penghargaan & Kompetisi IPRAS, IMRAS, dan INGPRAS

Sejak pertama kali digelar pada 2010, IPRAS merupakan sebuah program yang khusus didedikasikan untuk memberikan penghargaan kepada para figur dan korporasi atau lembaga yang dipandang pada tahun berjalan memberi inspirasi, keteladanan, dan kinerjanya berpengaruh positif bagi publik. Juga penghargaan untuk Kompetisi Program PR korporasi maupun lembaga publik.

Belasan tokoh nasional, korporasi, dan lembaga publik telah menerima penghargaan IPRAS. Diantara mereka Gubernur DKI (waktu itu) Ir Joko Widodo (kini Presiden RI), Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ketika itu Drs H M Jusuf Kalla, Ketua KPU Husni Kamil Manik, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Astra Internasional, Kereta Api Indonesia, Telkom, Ignasius Jonan, Dwi Soetjipto (CEO Semen Indonesia ketika itu), Prita Kemal Gani (LSPR), Elizabeth Goenawan Ananto (MM Komunikasi Trisakti), Iskandar (CEO Biofarma), dan lain – lain.

Sedangkan IMRAS didedikasikan khusus kepada para akademisi dan peneliti Ilmu Komunikasi di seluruh Indonesia, guna berkarya, menulis, dan meneliti tentang Tren Pola Konsumsi Media di Indonesia. Tahun ini IMRAS menghasilkan 12 pemenang dari 70 peserta full paper yang mewakili 52 karya. Naik 21 persen dibanding tahun lalu.

Adapun INGPRAS, baru pertama kali diselenggarakan tahun ini, sebagai bentuk apresiasi SPS Pusat kepada para praktisi Humas dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang berkinerja unggul di bidang ini. INGPRAS memperoleh endorser dari Komisi Informasi Pusat (KIP). ***

Sumber : http://spsindonesia.org

Trackback from your site.

batangkab

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow YOOtheme on Twitter or read the blog.