Batang Menjadi Percontohan Keterbukaan Informasi Publik

Written by batangkab. Posted in berita

PPID Kab. Batang – Dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik dengan Thema “Peran PPID Kabupaten/ Kota Dalam Tata Kelola Informasi Pemerintahan Desa” yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ditempatkan di Kabupaten Batang pada hari Kamis, 25 Pebruari 2016 dengan peserta dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kab/ Kota beserta Kepala yang membidangi Pemerintahan Desa se Jawa Tengah.

Kabupaten Batang mendapat kehormatan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan tingkat provinsi tersebut karena Kabupaten Batang sebagai Badan Publik telah taat menerapkan Undang-Undang Nomor 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan berhasil meraih penghargaan sebagai Badan Publik Terbaik Utama Tingkat Provinsi Jawa Tengah oleh Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah dan PPID Kab/ Kota lainnya bisa belajar atau mencontoh Kabupaten Batang, demikian disampaikan oleh Ketua Komisi Informasi, H. Rahmulyo Adiwibowo, SH, MH

Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo, menyampaikan bahwa tidak menduga kalau Batang dapat penilaina terbaik, karena yang kami lakukan adalah komitmen kami yang diberi amanah oleh warga Batang untuk melakukan penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan terbuka sehingga beberapa langkah strategis telah kami lakukan antara lain membuat surat edaran bahwa untuk tidak melayani orang yang mengatasnamakan bupati untuk minta proyek, pakta integritas setiap apel pagi dibacakan, membentuk Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (UPKP2), pada Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) berstandart ISO 27001 tentang Keamanan Informasi. Dalam keterbukaan informasi Pemerintah juga mengadakan Festival Anggaran yaitu pameran informasi anggaran kegiatan. Pada sisi lain pelayanan informasi publik melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dirasakan adalah memberikan manfaat ketertiban dan kenyamanan dalam bekerja karena hak masyarakat dalam mengakses informasi melalui mekanisme yang pasti.

Dalam forum tersebut disampaikan materi “Peran PPID Kabupaten Dalam Tata Kelola Informasi Pemerintah Desa” oleh Handoko Agung Saputro, SH, Komisioner Komisi Informasi dan “Peran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Dalam Penguatan Transparansi Pemerintah Desa.” dari Biro Tata Pemerintahan Setda Povinsi Jawa Tengah disampaiakan oleh Hendro Hudiyono, APMD, Kasubbag Pengembangan Kapasitas Pemdes dan Kelurahan. Sedangkan acara diawali laporan panitia oleh Agus Suprayitno, Skom, Mkom, Kabid Kominfo pada Dinhubkominfo Provinsi Jawa Tengah.

Perlunya pemerintah desa sebagai badan publik tersendiri yang segera membentuk PPID masing-masing desa, oleh karena itu kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk mendorong dan memperkuat tata kelola informasi publik pemerintahan desa. (Budi TM)

Trackback from your site.

batangkab

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow YOOtheme on Twitter or read the blog.