PEMKAB BATANG DAPATKAN PENGHARGAAN KHUSUS ADIKARYA TINARBUKA

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menorehkan kembali prestasi dalam hal keterbukaan informasi publik. Dalam puncak penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award 2021 Jawa Tengah (Jateng) di Gedung  Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang, Selasa (14/12/2021) malam.

Ketua Komisi Informasi (KI) Jawa Tengah Sosiawan mengatakan, KIP Award Jateng 2021 memiliki keistimewaan, karena masih dalam masa Pandemi Covid-19 tentu banyak penyesuaian yang dilakukan baik objek monitoring dan evaluasi maupun juga dalam tahapan ada beberapa hal yang kami percepat tetapi sesuai peraturan monev yang berlaku.

Kemudian, ada hal spesial dalam uji publik yang kami lakukan tahun ini, di UMS 11 Maret Surakarta kemarin yang hampir dihadiri semua pimpinan badan publik Bupati, Walikota, dan Kepala Dinas hadir secara pribadi sampai puncaknya malam ini KIP Award 2021 Jateng.

“Pemkab Batang mendapatkan penghargaan khusus ketegori ADIKARYA TINARBUKA sebagai badan publik yang telah mendapatkan dua kali peringkat pertama dan kosisten menjadi badan publik informatif dalam keterbukaan informasi publik,” jelasnya.

Momen ini, lanjut dia, menjadikan bukti meningkatnya komitmen kepala daerah dalam hal tata kelola keterbukaan informasi publik semakin meningkat dan maju dari tahun-tahun sebelumnya.

Jadi masyarakat menantikan kualitas informasi yang dibutuhkan karena ini sudah menjadi era dimana noise lebih banyak dari pada voice, sehingga publik sering kali dibingungkan anomali informasi terjadi.

“Sering saya suka menyebut tsunami informasi dimana kita sulit sekali mengidentifikasi mana yang informasi berkualitas benar dan mana yang informasi salah, bahkan juga informasi yang diniatkan sebagai bentuk kejahatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, malam ini Alhamdulillah Pemkab Batang mendapatkan penghargaan khusus ketegori ADIKARYA TINARBUKA melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang dalam keterbukaan informasi publik.

Tidak lupa terima kasih saya kepada Bupati Batang yang sangat luar biasa menjadi pimpinan badan publik yang telah mengerahkan waktu dan pikirannya dalam keterbukaan informasi Pemkab Batang.

“Kedepannya kita semakin bersemangat untuk mempertahankan kembali prestasi Pemkab Batang dalam keterbukaan informasi publik yang informatif. Maka seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Batang untuk bekerjasama meningkatkan keterbukaan informasinya,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)